. heru widiyanto: PERTEMUAN 1-7 DAN SARAN

Sabtu, 26 November 2011

PERTEMUAN 1-7 DAN SARAN


Pertemuan 1-2.

PENGENALAN TEKNOLOGI INFORMASI

Pertemuan pertama :
     Pertemuan pertama terjadi pada tangal 30 September 2011.  Seperti dosen-dosen lainnya pertemuan pertama hanya berisi tentang pengenalan dan kontrak kuliah ditambah dengan pemutaran film/video tentang sejarah computer.

Pertemuan kedua :
     Pada pertemuan kedua barulah kegiatan belajar mengajar mulai memasuki materi. Pada pertemuan kedua ini materi yang dibahas adalah :
Perkembangan Dan Klasifikasi Komputer
        Komputer Merupakan alat yang dipakai untuk mengolah data menjadi informasi menurut prosedur yang telah dirumuskan.
Blaise Pascal
         Pada tahun 1642 dalam usia 19 tahun menemukan mesin           penjumlah mekasin yang pertama.
         Digunakan untuk membantu ayahnya dalam perhitungan          pajak.




 Komponen Utama Komputer Generasi I - III
     Three generation of computer’s component, vacuum tube, transistor, and IC





Komputer generasi IV
   Penggunaan LSI menggantikan IC perubahan performansi yang dramatis à ditandai dengan adanya konsep super computer. LSI adalah pemadatan ribuan IC menjadi 1 chip.

Komputer Generasi V
     •          Base Mikroprosessor,
     •          Kecerdasan buatan,
     •          mini computer,
     •          Mobile Computer.





Kesimpulan Generasi Komputer
1946-1957 : Vacuum tube  (Generasi I)
1958-1964 : Transistor            (Generasi II)
1965-1971 : SSI - Small scale integration (Generasi III)
( Sekitar 100 transistor dalam satu chip )
1971          : MSI - Medium scale integration
( 100-3,000 transistor dalam satu chip)
1971-1977  : LSI - Large scale integration
( 3,000 - 100,000 transistor dalam satu chip)
1978-         : VLSI - Very large scale integration
( 100,000 - 100,000,000 transistor dalam satu chip)
Ultra large scale integration (Generasi IV dan V)
Microprocessor
( Over 100,000,000 transistor dalam satu chip )




Pertemuan 3-4

Input – Proses - Output
Input Device
     Input Device adalah alat yang digunakan untuk menerima inputan dari luar. Inputan bisa berupa data ataupun perintah.
Alat input antara lain meliputi:
mouse
                                                                     
keyboard
joystick


game pad

microphone

light pen

Scanner
web cam

touch pad

Output Device
     Output meruoakan hasil dari pengolahan data masukan  masukan dari input. output dapat berupa tulisan, image ataupun suara. untuk output berupa tulisan dan image hasil bisa ditampilkan ke layar monitor atau dicetak dengan printer. sedangkan sound hasil ditampilkan oleh speaker. alat output antara lain
Printer
Plotter
Monitor












Proyektor













CENTRAL PROCESSING UNIT
    Merupakan tempat pemrosesan data atau perintah yang dimasukan dari input dan kemi]udian informasi yang dihasilkan ke alat output.  Cpu terdira dari Control Unit dan ALU. Contoh dari prosessor antara lain :
  1. Intel Pentium
  2. AMD
  3. Cyrix. 
Pertemuan 4
Pengenalan Hardware Komputer
  KEYBOARD
Adalah media input utama dari sebuah komputer, data atau perintah dimasukkan dengan menekan serangkaian tombol.
 MOUSE
Media input "perintah" berbasis grafis, bekerja dengan klik, tiap klik mewakili beberapa perintah.


MOTHERBOARD
Merupakan tempat bersatunya seluruh komponen yang ada di komputer, input dan output dihubungkan dengan proses melalui IO Port.
 PROSESSOR
Adalah "otak" dari sebuah komputer, bertugas mengatur seluruh proses kerja pada komputer.
MONITOR
Media output utama yang bersifat "soft copy".
HARDISK
Media penyimpanan utama dari komputer, kapasitas besar menurut hukum moore
MEMORY
Tempat penyimpanan sementara yang bersifat "volatile" tergantung pada arus listrik

IO Port
IO Port berfungsi untuk menghubungkan perangkat input output dengan CPU.




Teknologi Bus
Bus adalah saluran untuk menghubungkan satu bagian komputer dengan bagian yang lainnya.

Pertemuan 5
Pada pertemuan ke 5 tidak ada materi karena Quiz

Pertemuan 6
PENGENALAN MEDIA PENYIMPANAN DATA (storage)
Media Penyimpanan merupakan peralatan fisik yang menyimpan representasi data.
Terbagi menjadi 2 golongan, yakni :
        Penyimpanan Primer : memori yang dapat diakses langsung oleh prosesor
         kecepatan akses tinggi, kapasitas lebih kecil, dan berharga mahal (Internal Storage).
        Penyimpanan Sekunder : memori yang diakses prosesor melalui piranti I/O
         kecepatan akses rendah, kapasitas besar, dan berharga lebih murah (Eksternal Storage).
Primary Storage
        Random Access Memory (RAM)  
        Read-only Memory (ROM)
        Cache

Random Access Memory (RAM)
        Berdasarkan cara kerja:
         Dynamic RAM (DRAM)
         Fast Page Mode DRAM (FPM DRAM)
         Extended Data Output DRAM (EDO DRAM)
         Synchronous DRAM (SDRAM)
         Rambus DRAM (RDRAM)
         Double Data Rate SDRAM (DDR SDRAM)
         Untuk video :
        Video RAM (VRAM)
        Windows RAM (WRAM)
        Synchronous Graphic RAM (SGRAM)
                     –        Static RAM (SRAM)
  •             Berdasarkan Module:
        Single Inline Memory Module (SIMM)
        Double Inline Memory Module (DIMM)
        RIMM (Rambus)
  •            Berdasarkan jumlah pin : 30 pin, 72 pin, 168 pin
  •            Berdasarkan kecepatannya (nanosecond)

Read-only Memory (ROM)
        ROM: Read Only Memory
        PROM: Programmable ROM
        EPROM (Erasable PROM)
        EEPROM (Electrically EPROM)


Cache
            Biasanya Cache ini terdapat pada processor dan dari tingkatan memory cache ini adalah yang paling mahal.

Secondary Storage
Berdasarkan cara akses:
Magnetic tape
        Sequential Access Storage Device (SASD, sekuensial = berurut): Magnetic tape, punched card, punched paper tape
        Direct access storage device (DASD):
         magnetic disc : Floppy disk / diskette, hard disk (fixed disc)
         optical disc : CD-ROM, DVD, FMD
         gabungan: magneto-optical disc
        Electrical storage
         Flash Disk
         MMC,SD,Memory Stick,CF  
         SSD (Solid state disk) 

Pertemuan 7
PENGENALAN PERANGKAT LUNAK

Fungsi Perangkat Lunak
      Merupakan program yang  dimengerti oleh komputer untuk melakukan kegiatan seperti menghitung, menggambar,dan menghasilan suara, sehingga ada komunikasi antara komputer dengan pemakai.


PERKEMBANGAN PEMBUATAN PERANGKAT LUNAK
          Bentuk paling primitif dari perangkat lunak, menggunakan aljabar Boolean, yang di representasikan sebagai binary digit (bit), yaitu 1 (benar / on) atau 0 (salah / off), cari ini sudah pasti sangat menyulitkan, sehingga orang mulai mengelompokkan bit tersebut menjadi nible (4 bit), byte (8 bit), word (2 byte), double word (32 bit).
          Kelompok-kelompok bit ini di susun ke dalam struktur instruksi seperti penyimpanan, transfer, operasi aritmatika, operasi logika, dan bentuk bit ini di ubah menjadi kode-kode yang di kenal sebagai assembler.
EVOLUSI PERANGKAT LUNAK
Era Pioner
Bentuk perangkat lunak pada awalnya adalah sambungan-sambungan kabel ke antar bagian dalam komputer . Cara lain dalam mengakses komputer adalah menggunakan punched card yaitu kartu yang di lubangi. Pada era ini, perangkat lunak merupakan satu kesatuan dengan perangkat kerasnya. Penggunaan komputer dilakukan secara langsung dan hasil yang selesai di kerjakan komputer berupa print out.
Era Stabil
Pada era stabil penggunaan komputer sudah banyak di gunakan, tidak hanya oleh kalangan peneliti dan akademi saja, tetapi juga oleh kalangan industri / perusahaan. Sebuah perangkat lunak mampu menyelesaikan banyak pengguna (multi user) secara cepat/langsung (real time). Pada era ini mulai di kenal sistem basis data, yang memisahkan antara program (pemroses) dengan data (yang di proses).
Era Mikro
Sejalan dengan semakin luasnya PC dan jaringan komputer di era ini, perangkat lunak juga berkembang untuk memenuhi kebutuhan perorangan. Perangkat lunak dapat di bedakan menjadi  :
          Perangkat lunak sistem yang bertugas menangani internal
          Perangkat lunak aplikasi yang di gunakan secara langsung oleh penggunannya untuk keperluan tertentU.
Era Modern
Saat ini perangkat lunak sudah terdapat di mana-mana, tidak hanya pada sebuah superkomputer dengan 25 prosesornya, sebuah komputer genggampun telah di lengkapi dengan perangkat lunak yang dapat di sinkronkan dengan PC. Tidak hanya komputer, bahkan peralatan seperti telepon, TV, hingga ke mesin cuci, AC dan microwave, telah di tanamkan perangkat lunak untuk mengatur operasi peralatan itu.
 KLASIFIKASI PERANGKAT LUNAK
Sistem Operasi
saat komputer pertama kali di hidupkan, sistem operasilah yang pertama kali di jalankan, sistem operasi yang mengatur seluruh proses, menterjemahkan masukan, mengatur proses internal, memanejemen penggunaan memori dan memberikan keluaran ke peralatan yang bersesuaian, contoh sistem operasi : DOS, Unix, Windows 7, IMB OS/2, Apple’s System 7

Perangkat Lunak Bahasa
 merupakan perangkat lunak yang bertugas mengkonversikan arsitektur dan algoritma yang di rancang manusia ke dalam format yang dapat di jalankan komputer, contoh bahasa pemrograman di antaranya : BASIC, COBOL, Pascal, C++, FORTRAN



Aplikasi
 sistem operasi merupakan perangkat lunak sistem dengan fungsi tertentu, misalnya pemeriksaan perangkat keras (hardware troubleshooting), memeriksa disket yang rusak (bukan rusak fisik), mengatur ulang isi harddisk (partisi, defrag), contoh Utilty adalah Norton Utility







SARAN-SARAN
  1. Setiap menyampaikan materi diharapkan tujuan dari materi tersebut dapat dicapai oleh mahasiswa. 
  2. Setiap materi yang disampaikan mohon berikan power pointnya kepada mahasiswa terlebih dahulu agar dapat dipelajari dahulu.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Manchester United