Pertemuan 1-2.
PENGENALAN TEKNOLOGI INFORMASI
Pertemuan pertama :
Pertemuan pertama terjadi pada tangal 30 September 2011. Seperti dosen-dosen lainnya pertemuan pertama hanya berisi tentang pengenalan dan kontrak kuliah ditambah dengan pemutaran film/video tentang sejarah computer.
Pertemuan kedua :
Pada pertemuan kedua barulah kegiatan belajar mengajar mulai memasuki materi. Pada pertemuan kedua ini materi yang dibahas adalah :
Perkembangan Dan Klasifikasi Komputer
Komputer Merupakan alat yang dipakai untuk mengolah data menjadi informasi menurut prosedur yang telah dirumuskan.
Blaise Pascal
• Pada tahun 1642 dalam usia 19 tahun menemukan mesin penjumlah mekasin yang pertama.
• Digunakan untuk membantu ayahnya dalam perhitungan pajak.
Komponen Utama Komputer Generasi I - III
Three generation of computer’s component, vacuum tube, transistor, and IC
Komputer generasi IV
Penggunaan LSI menggantikan IC perubahan performansi yang dramatis à ditandai dengan adanya konsep super computer. LSI adalah pemadatan ribuan IC menjadi 1 chip.
Komputer Generasi V
• Base Mikroprosessor,
• Kecerdasan buatan,
• mini computer,
• Mobile Computer.
Kesimpulan Generasi Komputer
1946-1957 : Vacuum tube (Generasi I)
1958-1964 : Transistor (Generasi II)
1965-1971 : SSI - Small scale integration (Generasi III)
( Sekitar 100 transistor dalam satu chip )
1971 : MSI - Medium scale integration
( 100-3,000 transistor dalam satu chip)
1971-1977 : LSI - Large scale integration
( 3,000 - 100,000 transistor dalam satu chip)
1978- : VLSI - Very large scale integration
( 100,000 - 100,000,000 transistor dalam satu chip)
Ultra large scale integration (Generasi IV dan V)
Microprocessor
( Over 100,000,000 transistor dalam satu chip )
Pertemuan 3-4
Pertemuan 3-4
Input – Proses - Output
Input Device
Input Device adalah alat yang digunakan
untuk menerima inputan dari luar. Inputan bisa berupa data ataupun
perintah.
Alat input
antara lain meliputi:
mouse |
keyboard |
joystick |
game pad |
microphone |
light pen |
Scanner |
web cam |
touch pad |
Output Device
Output meruoakan hasil dari pengolahan data masukan masukan dari input. output dapat berupa tulisan, image ataupun suara. untuk output berupa tulisan dan image hasil bisa ditampilkan ke layar monitor atau dicetak dengan printer. sedangkan sound hasil ditampilkan oleh speaker. alat output antara lain
CENTRAL PROCESSING UNIT
Merupakan tempat pemrosesan data atau perintah yang dimasukan dari input dan kemi]udian informasi yang dihasilkan ke alat output. Cpu terdira dari Control Unit dan ALU. Contoh dari prosessor antara lain :
Output meruoakan hasil dari pengolahan data masukan masukan dari input. output dapat berupa tulisan, image ataupun suara. untuk output berupa tulisan dan image hasil bisa ditampilkan ke layar monitor atau dicetak dengan printer. sedangkan sound hasil ditampilkan oleh speaker. alat output antara lain
Printer |
Plotter |
Monitor |
Proyektor |
CENTRAL PROCESSING UNIT
Merupakan tempat pemrosesan data atau perintah yang dimasukan dari input dan kemi]udian informasi yang dihasilkan ke alat output. Cpu terdira dari Control Unit dan ALU. Contoh dari prosessor antara lain :
- Intel Pentium
- AMD
- Cyrix.
Pengenalan Hardware Komputer
KEYBOARD
Adalah media input utama
dari sebuah komputer, data atau perintah dimasukkan dengan menekan
serangkaian tombol.
MOUSE
Media input "perintah" berbasis grafis, bekerja
dengan klik, tiap klik mewakili beberapa perintah.
MOTHERBOARD
Merupakan tempat bersatunya seluruh komponen yang
ada di komputer, input dan output dihubungkan dengan proses melalui IO
Port.
PROSESSOR
Adalah "otak" dari sebuah komputer, bertugas
mengatur seluruh proses kerja pada komputer.
MONITOR
Media
output utama yang bersifat "soft copy".
HARDISK
Media penyimpanan utama dari komputer, kapasitas
besar menurut hukum moore
MEMORY
Tempat penyimpanan sementara yang bersifat
"volatile" tergantung pada arus listrik
IO Port
IO
Port berfungsi untuk menghubungkan perangkat input output dengan CPU.
Teknologi Bus
Bus adalah saluran untuk menghubungkan satu bagian
komputer dengan bagian yang lainnya.
Pertemuan
5
Pada
pertemuan ke 5 tidak ada materi karena Quiz
Pertemuan
6
PENGENALAN
MEDIA PENYIMPANAN DATA (storage)
Media
Penyimpanan merupakan peralatan fisik yang menyimpan representasi data.
Terbagi
menjadi 2 golongan, yakni :
–
Penyimpanan
Primer : memori yang dapat diakses langsung oleh prosesor
•
kecepatan akses
tinggi, kapasitas lebih kecil, dan berharga mahal (Internal Storage).
–
Penyimpanan
Sekunder : memori yang diakses prosesor melalui piranti I/O
•
kecepatan akses
rendah, kapasitas besar, dan berharga lebih murah (Eksternal Storage).
Primary
Storage
–
Random Access
Memory (RAM)
–
Read-only
Memory (ROM)
–
Cache
Random
Access Memory (RAM)
–
Berdasarkan cara
kerja:
•
Dynamic RAM
(DRAM)
•
Fast Page Mode
DRAM (FPM DRAM)
•
Extended Data
Output DRAM (EDO DRAM)
•
Synchronous DRAM
(SDRAM)
•
Rambus DRAM
(RDRAM)
•
Double Data Rate
SDRAM (DDR SDRAM)
•
Untuk video :
–
Video RAM (VRAM)
–
Windows RAM
(WRAM)
–
Synchronous
Graphic RAM (SGRAM)
–
Static RAM (SRAM)
-
Berdasarkan
Module:
–
Single Inline
Memory Module (SIMM)
–
Double Inline Memory
Module (DIMM)
–
RIMM (Rambus)
-
Berdasarkan
jumlah pin : 30 pin, 72 pin, 168 pin
-
Berdasarkan
kecepatannya (nanosecond)
Read-only
Memory (ROM)
–
ROM: Read Only
Memory
–
PROM:
Programmable ROM
–
EPROM (Erasable
PROM)
–
EEPROM
(Electrically EPROM)
Cache
Biasanya Cache ini terdapat pada
processor dan dari tingkatan memory cache ini adalah yang paling mahal.
Secondary
Storage
Berdasarkan
cara akses:
Magnetic tape |
–
Sequential Access
Storage Device (SASD, sekuensial = berurut): Magnetic tape, punched
card,
punched paper tape
–
Direct access
storage device (DASD):
•
magnetic disc :
Floppy disk / diskette, hard disk (fixed disc)
•
optical disc :
CD-ROM, DVD, FMD
•
gabungan:
magneto-optical disc
–
Electrical
storage
•
Flash Disk
•
MMC,SD,Memory
Stick,CF
• SSD (Solid state disk)
• SSD (Solid state disk)
Pertemuan 7
PENGENALAN PERANGKAT LUNAK
Fungsi Perangkat Lunak
Merupakan program yang dimengerti oleh komputer untuk melakukan
kegiatan seperti menghitung, menggambar,dan menghasilan suara, sehingga
ada komunikasi antara komputer dengan pemakai.
SARAN-SARAN
PERKEMBANGAN
PEMBUATAN PERANGKAT
LUNAK
•
Bentuk paling primitif dari perangkat lunak,
menggunakan aljabar Boolean, yang di representasikan sebagai binary
digit
(bit), yaitu 1 (benar / on) atau 0 (salah / off), cari ini sudah pasti
sangat
menyulitkan, sehingga orang mulai mengelompokkan bit tersebut menjadi
nible (4
bit), byte (8 bit), word (2 byte), double word (32 bit).
•
Kelompok-kelompok bit ini di susun ke dalam
struktur instruksi seperti penyimpanan, transfer, operasi aritmatika,
operasi
logika, dan bentuk bit ini di ubah menjadi kode-kode yang di kenal
sebagai
assembler.
EVOLUSI
PERANGKAT LUNAK
Era Pioner
Bentuk perangkat lunak pada awalnya adalah
sambungan-sambungan kabel ke antar bagian dalam komputer . Cara lain
dalam
mengakses komputer adalah menggunakan punched card yaitu kartu yang di
lubangi.
Pada era ini, perangkat lunak merupakan satu kesatuan dengan perangkat
kerasnya. Penggunaan komputer dilakukan secara langsung dan hasil yang
selesai
di kerjakan komputer berupa print out.
Era Stabil
Pada era stabil penggunaan komputer sudah banyak di
gunakan,
tidak hanya oleh kalangan peneliti dan akademi saja, tetapi juga oleh
kalangan
industri / perusahaan. Sebuah perangkat lunak mampu menyelesaikan banyak
pengguna (multi user) secara cepat/langsung (real time). Pada era ini
mulai di
kenal sistem basis data, yang memisahkan antara program (pemroses)
dengan data
(yang di proses).
Era Mikro
Sejalan
dengan semakin luasnya PC dan jaringan komputer di
era ini, perangkat lunak juga berkembang untuk memenuhi kebutuhan
perorangan. Perangkat
lunak dapat di bedakan menjadi :
•
Perangkat lunak sistem yang bertugas menangani
internal
•
Perangkat lunak aplikasi yang di gunakan secara
langsung oleh penggunannya untuk keperluan tertentU.
Era Modern
Saat ini perangkat lunak sudah terdapat di
mana-mana, tidak
hanya pada sebuah superkomputer dengan 25 prosesornya, sebuah komputer
genggampun telah di lengkapi dengan perangkat lunak yang dapat di
sinkronkan
dengan PC. Tidak hanya komputer, bahkan peralatan seperti telepon, TV,
hingga
ke mesin cuci, AC dan microwave, telah di tanamkan perangkat lunak untuk
mengatur operasi peralatan itu.
KLASIFIKASI PERANGKAT LUNAK
Sistem Operasi
saat komputer pertama kali
di hidupkan, sistem operasilah
yang pertama kali di jalankan, sistem operasi yang mengatur seluruh
proses,
menterjemahkan masukan, mengatur proses internal, memanejemen penggunaan
memori
dan memberikan keluaran ke peralatan yang bersesuaian, contoh sistem
operasi :
DOS, Unix, Windows 7, IMB OS/2, Apple’s System 7
Perangkat
Lunak
Bahasa
merupakan
perangkat
lunak yang bertugas mengkonversikan arsitektur dan algoritma yang di
rancang
manusia ke dalam format yang dapat di jalankan komputer, contoh bahasa
pemrograman di antaranya : BASIC, COBOL, Pascal, C++, FORTRAN
Aplikasi
sistem
operasi merupakan
perangkat lunak sistem dengan fungsi tertentu, misalnya pemeriksaan
perangkat
keras (hardware troubleshooting), memeriksa disket yang rusak (bukan
rusak
fisik), mengatur ulang isi harddisk (partisi, defrag), contoh Utilty
adalah
Norton Utility
SARAN-SARAN
- Setiap menyampaikan materi diharapkan tujuan dari materi tersebut dapat dicapai oleh mahasiswa.
- Setiap materi yang disampaikan mohon berikan power pointnya kepada mahasiswa terlebih dahulu agar dapat dipelajari dahulu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar